Bersama Netizen Jawa Timur, Kapolres Pamekasan Kunjungan Kerja ke Ujung Utara Pamekasan

mahdusabrori.com

Mahdusabrori.com

Hari jum’at 04 Maret 2016, bertepatan dengan hari yang dipenuhi keberkahan menurut ajaran Islam. Kapolres Pamekasan, AKBP. Sugeng Muntaha, S.I.K. Memanfaatkan hari yang penuh berkah ini untuk melakukan kunjungan kerja ke Polsek Pasean dan Polsek Tamberu. Hal ini merupakan wujud pengawasan seorang pimpinan kepada bawahannya agar tetap konsisten untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ini berdasarkan Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisisan Negara Republik Indonesia. Yang di dalamnya tertuang tugas dan wewenang Kepolisian pada Bab III Pasal 13. Dalam pasal tersebut, disebutkan bahwa Kepolisian memiliki tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kali ini Netizen Jawa Timur berkesempatan mengikuti agenda kunjungan kerja Kapolres Pamekasan ke pesisir utara kabupaten Pamekasan.

Kunjungan kerja Kapolres di ujung utara Pamekasan ini dibuka dengan Coffee Morning bersama FORPIMKA, tokoh agama, dan tokoh masyarakat se kecamatan Pasean. Dalam kesempatan itu, Kapolres Pamekasan membuka ruang komunikasi dengan masyarakat, yang kali ini diwakili oleh tokoh masyarakat se kecamatan Pasean. Dengan tujuan, Kapolres dapat menghimpun aspirasi masyarakat. Baik itu berupa masukan, atau pun kritikan.

mahdusabrori.com

Suasana Coffee Morning

Pada Coffee Morning tersebut, penyalahgunaan narkotika menjadi topik serius yang mendapat banyak tanggapan dari berbagai tokoh agama dan tokoh masyarakat. Tidak berlebihan memang, ini karena narkotika sudah mulai menyentuh kalangan pelajar kita. Notabene, mereka merupakan calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Menanggapi permasalahan narkotika tersebut, Kapolres Pamekasan, AKBP. Sugeng Muntaha S.I.K mengajak masyarakat dari berbagai kalangan untuk bersama-sama memberantas narkotika yang sudah banyak merenggut korban ini. Masyarakat dihimbau untuk berperan serta mencegah dan memberantas narkotika dimulai dari keluarga sendiri. Dengan cara, jika terdapat anggota keluarga yang menjadi korban, jangan takut untuk melapor ke polisi, atau dengan inisiatif sendiri dibawa ke panti rehabilitasi supaya mendapatkan perawatan yang intensif, agar bisa terlepas dari efek ketergantungan terhadap narkotika.

Dengan dukungan masyarakat dan para tokoh agama, Kapolres Pamekasan yakin bahwa narkotika dan tindak kriminal lain di Pamekasan dapat diberantas.

Menyadari waktu shalat jum’at sudah hampir sampai, acara Coffee Morning bersama FORPIMKA, tokoh agama, dan tokoh masyarakat ditutup dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu oleh Kapolres Pamekasan.

mahdusabrori.com

Kapolres Pamekasan sedang memberikan santunan

Seusai acara pemberian santunan, kami segenap rombongan Netizen Jawa Timur beserta rombongan dari Polres Pamekasan bergegas untuk shalat jum’at. Kali ini kami akan shalat jum’at di PP. Al- Mursyid, Aram-aram.

Dalam perjalanan menuju PP. Al- Mursyid, Kapolres Pamekasan menyempatkan diri untuk meninjau tempat kerja Sat Binmas desa Sotabar. Kapolres Pamekasan menuturkan, pentingnya pemberdayaan Polisi Masyarakat ini. Karena yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan pelopor cipta kondusifitas di masyarakat adalah Sat Binmas ini.

Guna menyingkat waktu, tinjauan Kapolres Pamekasan ke tempat kerja Binmas desa Sotabar berlangsung singkat. Perjalanan dimulai kembali dengan tujuan PP. Al- Mursyid guna menunaikan shalat jum’at.

Selang beberapa menit, ujung kubah masjid PP. Al- Mursyid nampak dari kejahuan. Menandakan tujuan kami hampir sampai.

Sesampainya di halaman pondok pesantren, segenap rombongan turun dari mobil masing-masing dan langsung mengambil wudhu’ untuk shalat jum’at.

Selesai shalat jum’at, dikomandoi langsung oleh Kapolres Pamekasan, kami menuju kediaman KH. Ali Dhofir Bukhori untuk bersilaturahmi.

Dalam pertemuan tersebut, KH. Ali Dhofir Bukhori berkali-kali menyinggung masalah keamanan menjelang pilkada Pamekasan. Maklum, karena tahun 2017 Pamekasan akan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan, yaitu pemilihan bupati dan wakil bupati.

mahdusabrori.com

Foto bersama antara segenap rombongan dengan pengasuh Ponpes

Kapolres Pamekasan, beserta segenap rombongan berpamitan untuk melanjutkan perjalanan menuju Polsek Tamberu. Namun sebelum itu, Kapolres Pamekasan secara simbolis memberikan perangkat shalat dan beberapa Al- Qur’an ke PP. Al- Mursyid yang hal ini diwakili oleh KH. Ali Dhofir Bukhori.

Perjalanan kembali dilanjutkan menuju Polsek Tamberu. Dalam agenda tersebut, Kapolres bermaksud ingin meninjau kondisi keamanan di kecamatan Tamberu, sekaligus ingin melihat perkembangan Polsek Tamberu yang baru-baru ini mendapatkan tambahan personil Sat Lantas.

Dalam perjalanan menuju Polsek Tamberu, angin laut dengan perkasa menerpa kami yang ada di dalam mobil rombongan Netizen Jawa Timur. Menandakan bahwa kami benar-benar ada di ujung utara Pamekasan dengan suguhan hamparan birunya laut jawa. Kami satu rombongan mayoritas asli Pamekasan, tapi ada beberapa dari kami yang ternyata baru pertama kali menginjakan kaki di ujung utara Pamekasan ini.

Hempasan mobil yang tiba-tiba belok masuk ke dalam halaman Polsek Tamberu membuyarkan fantasi kami tentang keindahan ujung Utara Pamekasan. Sekaligus itu menandakan bahwa kami sudah sampai di Polsek Tamberu.

Kami masih belum selesai turun semua, ternyata Kapolres Pamekasan nampak sudah memulai inspeksinya. Kapolres Pamekasan memang menekankan kedisiplinan dan kecekatan dalam bekerja kepada anak buahnya. Jadi maklumlah jika kami yang belum terbiasa dengan hal itu sedikit kewalahan mengimbangi kedisiplinan dan kecekatan Kapolres Pamekasan.

mahdusabrori.com

Kapolres Pamekasan memberikan arahan kepada bawahannya

Kunjungan ke Polsek Tamberu ini merupakan agenda terakhir Kunjungan Kerja Polres Pamekasan ke wilayah utara Pamekasan.

Sedikit lelah memang, dan aku rasa semua rombongan merasakan itu. Tapi aku sangat bersyukur sekali mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam kunjungan kerja Kapolres Pamekasan ke wilayah pesisir utara Pamekasan. Bukan karena aku bisa jalan-jalan, melainkan karena aku dapat ilmu, pengalaman, dan sudut pandang baru tentang Kepolisian dari acara ini. Ternyata kita perlu menanamkan di mainside kita bahwa Polisi itu sebenarnya pelayan dan pengayom masyarakat. terlepas dari ada beberapa oknum Polisi yang merusak nama baik instansi Kepolisian dengan tingkah laku buruknya.

Kita perlu berdiri dan melangkah bersama-sama dengan Kepolisian untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Madura pada khusunya, dan di Indonesia pada skala yang lebih luas. Jangan lagi saling tuding, saling curiga, dan saling menyalahi. Berilah kepercayaan kepada Kepolisian untuk sedikit menghela nafas dan menjunjukan kinerja terbaiknya, untuk melindungi, memberi palayanan, dan mengayomi masyarakat.

2 Comments

    ALAM

    Saya pernah ke Tamberu. Sendirian saat masih bujang. Haha saat masih SMK. Memang daerah ini keren punya wisata laut yang memukau sebenarnya. Dan ternyata Tamberu itu sudah dekat dengan Sumenep ya. Pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.

    macatoles

    Tamberu lebih dekat ke Sampang mas 🙂 Pasean yang merupakan perbatasan antara Pamekasan dan Sumenep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*