Pesona Ketinggian Boekit Tinggi

mahdusabrori.com

MahdusAbrori.Com

“Jalan-jalan”

Kata yang spontan keluar dari mulutku. Bukan karena aku latah atau apa, itu merupakan jawabanku untuk pertanyaan salah seorang teman tentang agenda weekend kali ini mau kemana. Bermula dari obrolan itu aku dan beberapa temanku berinisiatif untuk pergi ke salah satu tempat wisata yang ada di Sumenep. Nama tempat itu adalah Boekit Tinggi. Lokasinya di desa Daramista kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep.

Cuaca weekend kali ini cerah sekali. Dibuktikan dengan matahari yang bersinar hangat dan langit yang terpampang biru. Berbekal kamera DSLR hasil pinjaman, kami memulai perjalanan indah kami dengan menaiki motor. Indah karena di samping kanan dan kiri kami terhampar luas persawahan warga yang berwarna hijau. Benar-benar indah sekali. Ditambah eksotisme Bukit Payudan yang semakin melengkapi keindahan perjalanan kami. Meskipun jalanannya bergelombang, hal itu tetap saja tidak bisa mengalihkan perhatianku dari indahnya “lukisan” nyata yang disuguhkan alam Madura.

mahdusabrori.com

Hamparan persawahan berlatar bukit Payudan

Sempat beberapa kali kami berhenti untuk istirahat sekaligus untuk mengabadikan keindahan itu. Sekedar untuk dipamerkan ke teman-teman yang lain. Bukan “alay”, tapi ini wujud kebanggan kami atas keindahan tanah kelahiran kami.

Kurang lebih satu jam kemudian, kami sampai di kecamatan Lenteng. Istirahat sebentar, dan perjalanan kami lanjutkan kembali. Tak lama setelah itu, terlihat dari kejahuan papan nama dari wisata Boekit Tinggi. Kami kira kami sudah sampai. Ternyata itu cuma papan nama yang memang sengaja dipasang untuk mempermudah pengunjung menemukan lokasi wisata Boekit Tinggi. Kami masih harus masuk lebih jauh lagi, melewati jalan yang kira-kira hanya bisa dilewati satu mobil. Samping kanan dan kiri berjejer rumah warga. Kami sempat kebingungan karena praktis tidak ada petunjuk arah lagi selain papan nama tadi. Beruntung warga di sekitaran situ ramah-ramah. Mereka bersedia menjeda aktivitasnya supaya lebih leluasa memberikan petunjuk jalan kepada kami. Itu lah masyarakat Madura.

mahdusabrori.com

Wisata Boekit Tinggi

Pada akhirnya sampai juga kami di wisata Boekit Tinggi.

Sesampainya di sana, kami parkir motor kami terlebih dahulu.

mahdusabrori.com

Parkir untuk 2 roda hanya Rp.3000

Sampai di pintu gerbang, kami sudah disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian Boekit Tinggi. Semua terlihat dari sini. Ketika mata ini tertuju ke arah timur, terlihat birunya laut. Kami serasa gerombolan pelaut yang sedang memantau lautan dari menara kapalnya. Melihat ke selatan, terhampar warna hijau dari deretan pepohonan yang semakin ke selatan, semakin terlihat kecil. Itu efek dari posisi kami yang berada di ketinggian. Jadi jangkauan penglihatan kami semakin luas.

mahdusabrori.com

Wisata Boekit Tinggi

Di wisata Boekit Tinggi, berjejer gazebo dengan kerangka terbuat dari bambu dan beratap jerami. Semakin menambah kesan vintage dari tempat wisata ini. Tempat wisata ini juga di desain diagonal mengikuti karakter geografis aslinya. Jadi penempatan gazebo untuk pengunjung bertingkat-tingkat. Semakin ke selatan, semakin ke bawah letak gazebonya.

Di tingkatan teratas, selain gazebo, juga terdapat kolam ikan kecil dan jejeran tanaman hias. Mulai dari bunga kamboja, cemara, dan beberapa jenis bunga lainnya.

mahdusabrori.com

Wisata Boekit Tinggi

Di area wisata ini juga menyediakan beberapa jenis minuman dan makanan ringan. Seperti es degan dan beberapa minuman ringan lainnya.

Pengunjung wisata Boekit Tinggi ini mayoritas kalangan remaja yang memanfaatkan keindahan Boekit Tinggi untuk merajut kasih bersama pasangannya. Apa lagi aku sempat mendapat informasi bahwa tempat ini dibuka sampai malam hari. Kebayang di pikiranku eksotisme ketinggian Boekit Tinggi ini akan semakin terlihat ketika ditambah pancaran sinar yang dihasilkan dari lampu-lampu neon berwarna-warni ketika malam hari.

Satu hal yang perlu segera ditambah dari tempat wisata ini. Yaitu musholla dan toilet. Sedikit memperbaiki infrastruktur jalan dan menambah petunjuk arah menuju lokasi, akan membantu memudahkan pengunjung datang ke tempat wisata ini.

Tapi secara keseluruhan ini sudah keren. Perbukitan yang semula hanya bisa ditanami palawija, secara kreatif dirubah menjadi tempat wisata yang indah. Semoga tempat wisata ini nantinya akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

6 Comments

    ALAM

    Njiiiiiiirrr!!!

    Kereeeen. Ajak aku, pokoknya harus ajakin aku ke sini..

      Mahdus Abrori

      Siap..

    Agung

    Wah kereen kak. Kapan mau kesini lagi 😀

      Mahdus Abrori

      Pas mas Wahyu ulang 😀

    Ahmad Sayadi

    waahhhhhhh kereenn kakak..

    Nila

    wah keren kak, kapan mau ngajak saya kesana 🙂 hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*