Mencicil Kesejahteraan Masa Depan dengan Menabung Emas

mahdusabrori.com-mencicil-masa-depan-dengan-menabung-emas

Siapa sih yang tidak mau memilki masa depan yang sejahtera. Hidup tentram serba berkecukupan. Makan tidak susah-susah amat. Bayar listrik tidak harus menunggak dulu. Jika istri mau ke salon kecantikan atau sekedar belanja keperluan dapur, tidak harus banting panci dulu karena uang yang dikasih terlalu sedikit. Semua itu bisa kamu rasakan jika kamu mau menata masa depan kamu mulai sekarang. Kurangi sedikit demi sedikit prilaku boros kamu. Dan mulai tata masa depan finansial kamu dengan gencar berinvestasi.

Memang sih berinvestasi itu tidak bisa sembarangan. Kamu harus cermat dengan segala resiko yang ada.  Tapi ada kok satu metode investasi yang resikonya sangat kecil. Yaitu dengan menabung emas. Emas cocok jika ingin dijadikan barang investasi masa depan kamu karena memiliki harga yang lumayan stabil. Malah terkadang setiap tahunnya harga emas mengalami kenaikan. Nilai investasinya pun tidak harus besar hingga beratus-ratus juta.

Contohnya aku ini. Dulu aku menganggap uang 5000 rupiah itu hanya bisa buat sewa Play Station selama dua jam saja. Atau hanya buat beli gorengan untuk mengganjal perut katika lagi begadang main gaple di pos ronda. Tapi sekarang pandanganku tentang uang 5000 rupiah sudah berbeda. Aku sekarang sudah mulai belajar menata masa depanku. Selain lebih semangat bekerja, sekarang aku juga semangat menabung. Nabungnya pun, nabung emas.

Dengan uang 5000 rupiah yang biasa buat sewa Play Station dan beli gorengan, kini aku bisa menabung emas. “Kok bisa?”, pasti kamu tanya begitu kan? kamu heran? dengan uang 5000 kok bisa nabung emas. Harga emas kan ratusan ribu.

Sini, kalau kamu heran (bahkan jika tidak percaya sekalipun). Akan aku jelaskan.

Tabungan Emas

Dulu aku juga seperti kamu. Tidak tahu kalau dengan uang 5000 rupiah, aku bisa menabung emas. Sampai pada akhirnya aku mengikuti acara Road Blog 10 Cities di Bangkalan. Kebetulan di acara itu ada perwakilan dari Pegadaian yang menjelaskan tentang itu. Aku penasaran dong. Jadi setibanya aku di Pamekasan, aku langsung buktikan dengan datang ke kantor cabang Pegadaian yang ada di Pamekasan. Dan langsung aku daftar Tabungan Emas di situ pada waktu itu pula.

Pada waktu itu aku dilayani oleh petugas perempuan yang ramah dan cukup informatif. Saat aku bertanya kepada dia tentang apa itu Tabungan Emas. Dia memberi tahu aku bahwa Tabungan Emas merupakan jenis layanan terbaru dari Pegadaian. Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga terjangkau. Terjangkau karena kita bisa membeli emas mulai dari 0.01 gram.

Kenapa? Kamu juga kaget karena Pegadaian yang biasanya melayani Gadai Emas, kini bisa melayani Tabungan Emas. Duhh, kamu ini.

SBK

Persyaratan untuk membuka rekening Tabungan Emas tidak ribet-ribet amat kok. Gak jauh beda dengan persyaratan Kredit Cepat Aman (KCA). Aku akan kasih tau caranya berdasarkan pengalamanku kemarin saat pertama kali aku buka rekening Tabungan Emas di Pegadaian.

Kamu cukup datang ke kantor cabang Pegadaian yang ada di kotamu dengan membawa foto copy kartu identitas kamu. Bisa KTP, SIM, atau Passport. Dan biar kamu tau aja, Pegadaian sudah memiliki 4000 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, kamu tidak usah bertanya lagi apa di kotamu sudah ada kantor cabang Pegadaian. Insyaallah ada.

Selanjutnya kamu bakalan diminta mengisi formulir pembukaan rekening. Dengan membayar uang administrasi sebesar 5000 rupiah dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar 30.000 rupiah. Dan untuk proses pembelian emas, pembeliannya dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram. Jadi, kalau hari ini pada tanggal 13 Juni 2016 harga emas sekitar 545.000 rupiah. Kamu bisa beli emas 0.01 gram seharga 5.450 rupiah. Atau kamu mau nabung langsung 1 kg emas? Kamu tinggal kalikan saja sendiri berapa uang yang harus kamu bayar ke Pegadaian. Soalnya aku tidak begitu pintar jika ngehitungin uang orang. Hehehe

“Kalau kebetulan butuh uang, emas itu bisa dijual apa tidak? Dan kalau bisa dijual, harus dijual kemana?” Sebelum kamu tanya itu, aku akan jelaskan masalah itu ke kamu. Biar kamu ngerti.

Berhubung pertanyaan itu hampir mirip dengan pertanyaanku dulu ke petugas pegadaian saat baru mau daftar Tabungan Emas. Maka akan aku jelaskan ke kamu berdasarkan pengalaman dan sepengetahuanku. Gini, kalau misalkan kamu perlu uang tunai. Kamu bisa menjual kembali saldo emas kamu ke Pegadaian dengan ketentuan minimal saldo kamu 1 gram. Namun untuk saat ini, transaksi penjualan emas ke Pegadaian hanya bisa dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan buku tabungan dan identitas diri yang asli.

Oh iya, aku lupa jelasin ke kamu kalau mau buka rekening Tabungan Emas di Pegadaian, minimal saldo rekening awal kamu 0.01 gram.

Nah, cukup mudah kan. Kamu bisa berinvestasi untuk masa depan kamu melalui Pegadaian Emas. Menata masa depan yang lebih baik dengan menyisihkan uang minimal 5000 rupiah. Kamu tidak butuh konsultan keuangan hanya untuk berinvestasi dengan Tabungan Emas. Cukup bulatkan tekad kamu untuk segera menabung.

Kesannya memang kesejahteraan yang kamu dapatkan nanti diperoleh dengan “mencicil”. Tapi kenapa tidak. Toh, memang pondasi kesejahteraan masa depan itu harus dibangun mulai sekarang. Agar nanti saat masa senja kamu datang, kamu bisa menikmati kesejahteraan itu dengan duduk-duduk santai di kursi sambil membaca koran. Ditemani riuh cucu-cucu kamu yang sibuk bermain. Sangat menyenangkan bukan?

Segeralah tata masa depan kamu mulai sekarang dengan cara menabung di Tabungan Emas.

2 Comments

    Nila

    Wih, buka tabungan ah 🙂
    Thank’s infonya 🙂

    Beritana.com

    mencicil emas buat menghalalkan dia. #eaakk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*